Tagihan Air Membengkak? Berikut Penjelasan Perumda TM Kota Palopo

Tagihan Air Membengkak? Berikut Penjelasan Perumda TM Kota Palopo

Bagi pelanggan Perumda TM Mangkaluku Kota Palopo yang memiliki keluhan terhadap pelayanan air bersihnya, dapat menghubungi Layanan Pengaduan di akhir artikel ini. Foto: Humas Perumda TM Kota Palopo.

Palopo | hijaupopuler.id

Ketersediaan air bersih merupakan salah satu kebutuhan mendasar masyarakat. Tak ayal banyak rumah tangga yang berlangganan ke sejumlah usaha atau perusahaan penyedia air bersih.

Tak terkecuali warga di Kota Palopo, yang memilih berlangganan air minum/ air bersih kepada Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Mangkaluku Kota Palopo, sebuah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemerintah Kota Palopo.

Sebagai bentuk timbal jasa penyediaan air bersih tersebut, para pelanggan dibebankan biaya tagihan yang dibayar setiap bulan kepada Perumda TM Kota Palopo.

Nah untuk menghindari lonjakan tagihan air yang bisa saja dialami oleh pelanggan tersebut, berikut ini redaksi hijaupopuler.id membagikan informasi terkait faktor yang kadang menyebabkannya terjadinya kenaikan bill air, seperti dijelaskan Wiwien S Toni selaku Humas Perumda TM Kota Palopo berikut ini.

Pola pemakaian air meningkat

Salah satu faktor yang dapat menyebabkan lonjakan tagihan air pada Perumda TM Kota Palopo adalah peningkatan debit penggunaan air oleh para pelanggan. Hal ini dapat terjadi manakala penggunaan air melebihi penggunaan sehari-hari, seperti adanya hajatan di rumah yang memerlukan banyak air dan lain sebagainya.

Kebocoran instalasi pelanggan

Hal ini bisa saja juga menjadi penyebab membengkaknya tagihan air di awal bulan, manakala pelanggan tidak menyadari bahwa ternyata telah terjadi kebocoran di jaringan instalasi air di dalam atau sekitar rumah.

Oleh sebab itu, pelanggan dianjurkan untuk mengecek secara berkala jaringan pipa air di rumahnya, mana tahu ada titik-titik kebocoran.

Kebiasaan lupa menutup kran air

Salah satu kebiasaan buruk sebagian orang adalah kurang disiplinnya dalam menggunakan air, seperti perilaku lupa menutup kembali kran air yang digunakan, bahkan membiarkan air terus mengalir walaupun sudah tidak digunakan lagi.

Hal ini tentu saja sangat tidak dianjurkan, termasuk dalam hal pandangan agama, dimana perilaku mubazzir atau berlebih-lebihan merupakan perbuatan yang tidak baik.

Tagihan air menumpuk

Berikutnya, yang kadang menyebabkan tagihan membengkak adalah kurangnya perhatian oknum pelanggan dalam hal kedisiplinan membayar tagihan per bulannya.

Terkadang tagihan bulanan tersebut dibiarkan menumpuk berbulan-bulan lamanya. Nanti ketika petugas Perumda TM Mangkaluku memberikan surat tagihan dan atau bahkan surat pemberitahuan rencana penyegelan, baru pelanggan kaget atas hal itu, sebab selama ini mereka kurang perhatian untuk rutin menyelesaikan tagihan rutin airnya.

Hotline Perumda TM Kota Palopo

Untuk diketahui, bagi para pelanggan yang memiliki keluhan terhadap pelayanan air bersihnya, Perumda TM Kota Palopo menyediakan Layanan Pengaduan berupa call centre di nomor 0851 4532 0000.

Apa Reaksi Anda?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow