UIN Palopo Gelar 5 Batch Pelatihan Komunikasi Pelayanan Prima, Hadirkan Tim Ultimate Service Trainer

UIN Palopo Gelar 5 Batch Pelatihan Komunikasi Pelayanan Prima, Hadirkan Tim Ultimate Service Trainer
UIN Palopo Gelar 5 Batch Pelatihan Komunikasi Pelayanan Prima, Hadirkan Tim Ultimate Service Trainer
UIN Palopo Gelar 5 Batch Pelatihan Komunikasi Pelayanan Prima, Hadirkan Tim Ultimate Service Trainer

UIN Palopo terus berbenah dalam berbagai aspek, termasuk komitmen dalam menghadirkan layanan akademik dan administrasi yang prima dan terbaik.

Palopo | hijaupopuler.id

Universitas Islam Negeri (UIN) Palopo menyelenggarakan Pelatihan Komunikasi Pelayanan Prima, 23–27 September 2025. Kegiatan ini menghadirkan narasumber Iin Supriyatin Ramli, seorang Ultimate Service Trainer berpengalaman di bidang pengembangan layanan dan komunikasi.

Pelatihan ini diikuti oleh lima angkatan peserta yang melibatkan unsur pimpinan, Tenaga Kependidikan (Tendik), Dharma Wanita Persatuan (DWP), mahasiswa, Satpam, petugas kebersihan, hingga sopir.

Rektor UIN Palopo, Dr Abbas Langaji MAg, saat membuka kegiatan menegaskan, pelatihan ini merupakan bagian dari komitmen kampus dalam mewujudkan layanan terbaik. Menurutnya, layanan adalah kunci yang membedakan kualitas sebuah institusi.

“Konon banyak orang Indonesia berobat ke Singapura dan Malaysia. Ketika mereka sampai di sana, dokter yang ditemui banyak juga berasal dari Indonesia, obat-obatannya pun sama. Lalu apa yang membedakan? Jawabannya adalah pelayanan. Banyak pasien merasa sembuh karena mendapatkan pelayanan yang baik,” ujar Rektor dalam sambutannya.

Ia menambahkan, UIN Palopo terus berbenah dalam berbagai aspek, termasuk layanan akademik dan administrasi.

“Tahun ini banyak capaian yang diraih, namun ada pula hal-hal yang harus diperbaiki. Salah satu fokus adalah menghadirkan layanan akademik yang terbaik di Sulawesi Selatan. Mencapai hal itu tentu tidak mudah, tetapi disiplin dan komitmen adalah kunci. Kebahagiaan tertinggi adalah ketika kita bisa memberikan pelayanan terbaik dalam pekerjaan kita,” tambahnya.

Pelatihan dilaksanakan di dua lokasi, yakni Gedung Serbaguna Opu Daeng Risaju PMDS (Pesantren Modern Datok Sulaiman) Bagian Putri Palopo untuk angkatan pertama, serta Hotel Value Palopo untuk angkatan kedua hingga kelima.

Pada angkatan pertama yang diikuti oleh para pejabat, pelatihan terbagi dalam empat sesi: managerial discussion, ultimate service dan penanganan keluhan, simulasi penanganan keluhan juga pemahaman produk, serta post test dan komitmen bersama.

Iin Supriyatin mengatakan, kehadiran berbagai unsur pimpinan sivitas akademika menunjukkan kesungguhan UIN Palopo untuk membangun budaya pelayanan prima yang merata di seluruh lini kampus.

Salah seorang peserta, Muh Darwis MAg, menyampaikan kesan positifnya. Menurutnya, pelatihan ini membuka wawasan baru tentang pentingnya komunikasi yang baik dalam melayani, sekaligus menumbuhkan semangat untuk menghadirkan pelayanan yang lebih humanis dan profesional.

Dilaporkan, kegiatan batch 2 untuk Tendik yang berlangsung hari ini di Hall Hotel Value di jalan Andi Kambo Kelurahan Surutanga Kecamatan Wara Timur, pada Rabu (24/9/2025) pagi hingga sore, berlangsung tak kalah menariknya dengan angkatan 1 di PMDS Putri kemarin.

Para peserta tampak antusias mengikuti sesi demi sesi, dan mempraktekkan langsung keterampilan berkomunikasi yang baik dengan bimbingan Trainer Iin dan tim.

Dikabarkan hasil dari pelatihan ini, nantinya akan diterapkan dalam interaksi sivitas akademika dalam memberikan berbagai layanan di kampus.

Apa Reaksi Anda?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow